Cara Sederhana Mengatasi Tangan Belang
By: Date: Categories: Serba-Serbi

Banyak dari kita sering beraktivitas di luar ruangan, terutama di bawah teriknya sinar matahari, kadang menimbulkan efek samping yang tak mengenakkan pada kulit, salah satunya adalah tangan menjadi belang. Untungnya, ada cara memutihkan kulit tangan yang belang, baik lewat perawatan dengan bahan-bahan alami maupun produk kecantikan yang ada di pasaran.

Tangan belang terjadi ketika sinar ultraviolet dari matahari mengubah pigmen kulit menjadi lebih gelap. Jika dibiarkan begitu saja, warna kulit yang gelap bisa kembali seperti sedia kala seiring dengan kemampuan kulit memperbaharui sel-selnya.

Meski demikian, proses itu bisa memakan waktu yang panjang. Untuk mempercepatnya, Anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini.

Cara memutihkan kulit tangan yang belang

Tak perlu panik ketika mengalami tangan belang setelah seharian beraktivitas di bawah sinar matahari. Anda dapat mencoba beberapa cara memutihkan kulit tangan yang belang berikut ini.

1. Eksfoliasi

Proses eksfoliasi adalah mengangkat sel kulit mati yang berwarna gelap di permukaan kulit. Anda dapat menggunakan kosmetik yang mengandung butiran scrub atau membuatnya sendiri dengan garam laut atau bubuk kopi.

Hanya saja setelah tangan belang diatasi dengan cara eksfoliasi, permukaan kulit Anda akan lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, Anda dianjurkan menggunakan tabir surya dengan SPF 30 setelah melakukan scrubbing ini.

2. Menggunakan produk pencerah kulit

Banyak produk pencerah kulit di pasaran, tapi tidak semuanya aman digunakan untuk kulit Anda. Untuk itu, perhatikan komposisi pada label kemasannya dan pastikan Anda hanya memilih produk yang mengandung bahan yang direkomendasikan oleh Akademi Dermatologi Amerika (AAD) sebagai berikut:

  • Hidroquinone 2 persen
  • Asam azelaic
  • Asam glycolic
  • Asam kojic
  • Retinoid (retinol, tretinoin, gel adapalene, atau tazarotene)
  • Vitamin C.

Bahan-bahan tersebut dapat mencerahkan warna kulit dan sebagian juga bisa sekaligus memperlambat produksi melanin. Jangan pilih produk yang mengandung steroid atau merkuri karena akan menimbulkan komplikasi kesehatan jangka panjang.

3. Lidah buaya atau aloevera

Penelitian mengungkap bahwa lendir lidah buaya dapat menekan produksi melanin sehingga kulit Anda tidak rentan berubah menjadi kehitaman. Selain itu, lendir ini juga relatif aman digunakan untuk kulit sensitif karena sekaligus memiliki sifat antiperadangan.

4. Kunyit

Kunyit merupakan bahan alami pencerah kulit yang sudah banyak digunakan terutama di India. Kandungan dalam kunyit terbukti mampu mencerahkan kulit karena dapat menangkal efek ultraviolet sekaligus menghindrasi kulit agar tidak lekas kering dan keriput.

Hanya saja, mengatasi tangan belang dengan kunyit berpotensi membuat warna kulit Anda justru berubah menjadi kuning. Namun, warna kuning itu dapat diminimalisir dengan cara mencuci tangan dengan sabun atau membersihkan dengan pembersih makeup.

Agar lebih aman, Anda sebaiknya hanya melakukan cara memutihkan kulit tangan yang belang ini di bawah pengawasan dokter. Jika Anda mengoleskan obat atau bahan tertentu dalam jumlah yang terlalu banyak atau telalu sering, kulit bisa menjadi iritasi atau bahkan warna belang yang permanen.

Cara mencegah tangan belang

Setelah kulit menjadi cerah kembali, Anda harus menjaga kondisinya agar tangan belang tidak terjadi lagi. Berikut beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan:

  • Sebisa mungkin berada di dalam ruangan saat matahari mencapai puncaknya, yakni sekitar jam 11-2 siang.
  • Gunakan topi, baju lengan panjang, dan tabir surya dengan SPF 30 untuk meminimalisir dampak ultraviolet yang dapat merusak kulit dan mengakibatkan tangan belang.

Jika tangan belang Anda diikuti gejala lain, seperti muncul tahi lalat atau benjolan yang semakin besar atau berdarah, periksakan kondisi tersebut ke dokter kulit. Bisa jadi itu adalah tanda awal kanker yang sangat bisa disembuhkan bila dideteksi dini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *